MEDAN SUNYI, PALAGAN KASUNYATAN



Resume BANGBANGWETAN Agustus 2015

MEDAN SUNYI
PALAGAN KASUNYATAN

jujur aja sih, uda lama banget aku bolos dari komunitas ini
dulu sih pernah berpendapat kalo dengerin lewat streaming aja
#waktu itu masih punya modem, sekarang gak punya
kemudian seiring waktu liat di tipi aja deh
kan disiarin di tv9 tiap jumat jam 10malem #bukan promosi

tapi tetep aja itu gak memeberikan rasa kepuasan seperti melihat langsung
soalnya kalo ditipi itu bisa bisa dipotong jadi 3kali penayang secara besambung
gak enak kan,
lagi konsen konsen, eh ada iklan, eh bersambung
muangkel to the MAX rasanya

akhirnya, ya sudahlah, aku harus sempetin lihat secara langsung lagi
oh iya, ini pertama kali aku bikin resume tentang bbw (bangbangwetan)
sebelumnya belum pernah sama sekali
paling paling ya ngetweet aja kata kata yg bagus yang ku dapet dari acara ini

nah berhubung aku uda ganti hp si ipon
akhirnya aku bisa nyatat semua inti yang ku dapet dalam  notes
soalnya dulu hp si jadul jadi gak bisa buat nyatet
sempet pengen bawa buku buat nyatet tapi malu
sempet juga kepikiran diinget di otak aja
tapi ya tetep aja lupa

okeh langsung aja ya ke resume



btw, bagi fans fans yang belum tau tentang bangbangwetan
apa sih bangbangwetan itu?
bangbangwetan itu acara komunitas maiyah
maiyah sendiri dari bahasa arab yang artinya melingkar
jadi di bbw (bangbangwetan) itu tidak ada rendah dan tinggi
kita semua sederajat
bbw sendiri dari kata bangbang (abang abang) dari bahasa jawa yang artinya serngenge atau cahaya
sedangan wetan itu artinya timur
jadi bbw itu cahaya dari timur
cahaya dari timur, atau serngenge soko wetan
jika diperhatikan, sebelum memasuki waktu subuh itukan ada fajar shiddiq yang warnanya merah dari arah timur
nah dari fenomena itulah akhirnya diambil kata bangbangwetan ( cahaya dari timur )
jika masih kurang lengkap penjelasanku bisa googling sendiri ya

oh iya sebelum aku memaparkan resume
aku hanya mengingatkan,
jika resume ini adalah hasil yang ku ambil dari sudut pandangku sendiri
jika ada fans fans yg ikut acara bbw trus gak setuju dengan resumeku
tolong deh jangan mengolok-olok aku
soalnya aku masih awam

lanjut......

seperti biasa, disetiap acara ini aku selalu ingin duduk dibarisan terdepan
paling gak nomer 2 atau 3 lah
nah, seperti biasanya juga diawal acara pasti ada ngaji alqurannya
baca dhiba' ama sholawatan barulah dibuka sesi opening
yaitu dengan bertanya kepada para jamaah tentang arti dari tema
seperti biasa, aku langsung nunduk kepala biar gak disodor mic
ealah apesnya, aku kena mic juga

jujur saja, waktu baru nyampe tempat kemudian baca temanya
aku langsung aja google arti dari palagan kasunyatan
bagiku ini kosakata baru dan belum pernah mendengarnya
ternyata palagan itu berasal dari kata jawa yang artinya perang
sedangkan kasunyatan itu dari kata jawa juga
dari kata nyoto atau nyata kalo dalam bahasa indonesia
jadi kalo digabungin jadi perang yang nyata

masih bingung kan ya? aku juga
nah langsung aja deh, mari kita dengerin pendapat dari para pentolan bbw

nah, pembahasan tema ini dibuka oleh sabrang
bagi yang gak tau siapa sabrang
sabrang itu adalah noe, vokalis letto, anaknya caknun


Medan yang diartikan tempat, lapangan
Sunyi, Sarat dari sunyi, hening tanpa suara 

kemudian sabrang loncat pada sudut pandang seseorang
1. Personalitas, hal hal yg kita miliki diluar kontrol kita, alamiah
2. Identitas, informasi tentang personalitas,sepanjang hidup berubah/berkembang, budaya

identitas bisa meliputi nama, jenis kelamin, golongan darah dan lain-lain
sedangkan personalitas yaitu kita dilahirkan dari ibu, kita manusia ciptaan allah dan lain-lain
identitas tak lain hanyalah baju, ia tak begitu penting, yang terpenting adalah personalitas

caknun mencoba menjelaskan teori tingkatan manusia

Benda > tumbuhan > hewan > hamba allah > kholifah

jika digabungkan dengan identitas personalitas
Identitas & personalitas > intelegent >  spiritual > hamba tuhan (allah) > sejati tuhan (allah)

identitas & personalitas
pada titik ini, manusia hanya mengenal tentang dirinya sendiri, seperti mempunyai mata, harus makan dan lain-lain layaknya binatang

intelegent
manusia diberi fikiran untuk berfikir dan mulai untuk belajar sesuatu

spiritual
manusia mulai mengenal adanya tuhan, melaksanakan sholat, zakat dan puasa dll

hamba tuhan
pada titik ini manusia mengetahui sejati dirinya adalah hamba tuhan
tidak ada yang benar dan salah, itu semua karena kehendak rencana tuhan
manusia di titik ini menjadi observer tanpa ikut andil
manusia hanya mengamati setiap peristiwa dan dia akan ingat langsung pada allah
sejatinya setiap kejadian sudah diatur oleh allah
melihat burung terbang ingat allah
melihat daun, ingat dibalik daun ada allah
itulah manusia di titik hamba allah

sejati tuhan
naik ketingkatan yang lebih tinggi, sejati tuhan
masih ingat kisah syeh siti jenar (maaf kalo slah ketik)
sebenarnya beliau sudah sampai titik ini
tidak ada yang lain di dunia ini kecuali allah semata

untuk lebih menjelaskan tentang tingkatan sejati tuhan
caknun memberikan sebuah teori lingkaran

mari membayangkan 3 lingkaran,
besar, sedang, kecil
ada sebuah lingkaran besar, didalamnya ada lingkaran (lingkaran sedang), didalam lingkaran sedang ada lingkaran lagi yang lebih kecil (lingkaran kecil)

mari pelajari kalimat berikut "indonesia bagian dari desa saya" ada kata saya berarti ada saya sebagai individu
berarti indonesia menduduki lingkarang yang lebih kecil
karena indonesia bagian dari desa
indonesia < desa atau desa > indonesia
kata "saya" berarti disitu ada saya pribadi
yang artinya saya lebih besar dari desa
jadi saya (lingkaran besar) > desa (lingkaran sedang) > indonesia (lingkaran kecil)
indonesia bagian dari desa dan desa bagian dari saya

* > = lebih besar
   < = lebih kecil

jadi dapat disimpulkan, diri saya adalah personalitas
sedangkan desa dan indonesia adalah identitas saya

jika udah jelas sampe sini
mari ke kalimat inti

saya adalah bagian dari allah
berarti allah menduduki lingkaran besar
dan saya menduduki lingkaran kecil
allah > saya

jadi allah adalah personalitas
dan saya hanyalah identitas
saya hanyalah identitas allah
saya hanyalah aktor yang memaninkan identitas allah
sejatinya hanyalah allah

sampai sini berarti sudah menjawab tentang tingkatan sejati tuhan


kembali pada tema medan sunyi
Kiai muzammil menambahkan bahwa

Hubungan dg tuhan bukan dalam ritual tapi dalam kesunyiannya (batin)
yang artinya, hubungan dengan allah tidak dalam ritual sholat
tapi terletak pada kedekatan batin kita kepada allah

misalnya pada tingkatan hamba allah
kita melihat daun kemudian ingat allah
sebenarnya disitulah terletak kedekatan kita pada allah

mengenai kesunyian
allah itu juga bersembunyi karna allah memiliki asmaul husna al batin yang maha bersembunyi
meskipun allah juga memiliki asmaul husna yang maha jelas

jadi allah itu bersembunyi dimanapun di alam semesta ini
allah bersembunyi dibalik daun (tingkatan hamba allah)
termasuk allah juga bersembunyi didalam tubuh kita (tinggakatan sejati tuhan)

"Jadi bagaimana kita mau menemukan allah kalo kita tak bisa menguak yg tersembunyi" 

kemudian kiai muzammil menambahkan
kita tidak bisa menemukan allah dalam kesunyian itu dikarenakan ada najis-najis dalam diri kita

seperti yang diketahui najis ada beberapa macam
mukhoffafah, mugholadhoh, mutawassitoh

tetapi dalam perkembangannya
najis sudah beralih fungsi, dibagi 3
material, fungsional, dan spiritual

saya mencoba mendefinisikan
material itu ya najis yang berada di materi (mukhoffafah, mugholadhoh, mutawassitoh)
najis fungsional dan spiritual beda lagi
najis spiritual itu najis yg berada pada batin kedekatan pada allah

"Gimana mau dekat dengan tuhan kalo ada najis spiritual yang tidak di singkirkan"


nah sampe situlah aku bisa memaparkan ilmu yang kudapat
sekali lagi
resume diatas berdasarkan pemahaman dari sudut pandangku
semoga bermanfaat
aamiin


NB :
sebenarnya banyak dari catatanku yang gak kumasukkan diblog ini
dan juga ada beberapa narasumber yang gak kutulis
jujur saja, aku kesulitan banget dalam menuliskan apa yang ku dapat ke blog
setiap poin kalimat yang ku tulis di notes
ku coba untuk menggabungkan menjadi sebuah alur yang tersambung
dan itu sulit banget
yah semoga dengan tulisan para fans yang berbahagia faham






Comments

Popular posts from this blog

my SIM is Advanture

Biarkan CINTA ITU TERUS DIAM