cerita motivasimu


pernah suatu saat uli bercerita kepadaku sebelum dia berangkat ke NTT saat kita makan malam terakhir sebelum keberangkatannya

aku : kamu yg nyuruh aku jadi guru, kamu yg janji mau bantu aku ngerjain silabus dan rpp tapi sekarang kamu yg ninggalin aku
uli : maaf ya, kepergianku mendadak dan gak bisa bantuin, tapi aku disana untuk ngabdi pada negara, disana itu kasian, niat muridnya untuk belajar tinggi tapi gurunya gak ada

kita terdiam beberapa saat, kemudian uli bercerita

kakak seniorku yg pernah ditugaskan pernah cerita,
suatu hari ada salah seorang murid yang terlambat datang kesekolah, hampir 45menit dia terlambat
kemudian kakak seniorku bertanya pada murid itu,
"kenapa terlambat? terlambatnya kok lama?"
"rumah saya jauh pak, di bukit itu,saya perlu 2jam jalan kaki untuk kesekolah" kata murid itu
"ya sudah jangan diulang" sambung kakak senior

tetapi dalam hati kakak senior itu gak percaya kalo murid rumah murid itu jauh dan butuh waktu 2 jam buat ke sekolah
akhirnya saat hari minggu hari libur sekolah, kakak senior itu berniat untuk mengecek letak rumah murid yg terlambat itu
berbekal alamat rumah yang ada di data sekolah, kakak senior itu berjalan mencari rumah di bukit

tak disangka, perjalanan kakak senior dari sekolah menuju rumah murid yg terlambat itu membutuhkan waktu 2jam setengah, lebih lama 30menit dari murid itu

bayangkan anak smp butuh waktu 2jam,sedangkan kakak senior yg uda lulus kuliah butuh waktu 2jam 30menit
berarti murid itu berlari dari rumahnya ke sekolah selama 2jam,
berlari bukan jalan

uli mencoba mengakhiri cerita itu
"bayangkan betapa tinggi niat mereka buat belajar, bahkan harus menempuh jarak sejauh itu, hati ini luluh, hati ini merasa terpanggil untuk mereka, aku harus pergi, ini panggilan"

kata itulah yg mengubah ketidak ihklasanku uli pergi menjadi sebuah motivasi agar uli pergi

sudah berapa bulan berlalu semenjak september 2012
aku ingin bilang "apa kamu disana ketemu murid seperti yg pernah kamu ceritakan?"

murid muridku disini berbeda, mereka tak seperti yg pernah kamu ceritakan,
mereka lebih pintar, bahkan tak sedikitpun dari mereka ke sekah naik mobil
motivasiku menurun
maaf ya sepertinya pergantian pmbelajaran tahun depan aku sudah tak menjadi guru lagi
aku aman mencari pekerjaan yg lebih baik lagi

salam rindu dari surabaya

Comments

Anonymous said…
semoga mendapatkan pekerjaan yg lbh baik pak. tetap bernilai ibadah, namun yg lbh disukai. anda lebih menyukainya dan calon mertua juga lbh menyukainya....

#eh

:D

Popular posts from this blog

my SIM is Advanture

Biarkan CINTA ITU TERUS DIAM