Pengembaraan yang panjang


hai hai semuanya
lama sekali ya gak update, sudah 2 tahun
#bersihin sarang-sarang laba-laba
#nyemprot bayg*n buat ngusir nyamuk
#nguras kamar mandi #eh apasih

masih ingat gak kalo post terakhir tentang economi contest part 2
sebenarnya aku sudah nulis yang part ke-3 loh
tapi gak aku post

hehe..
entah kenapa ... sudah lupa

btw mungkin ada yang nanya "kemana aja sih selama ini kok gak update?"
"iya kemana aja sih kakaa"
dan "kenapa tiba-tiba ngaktifin blog ini lagi?"
"iya, kenapa sih pake diaktifin lagi, kenapa gak dimatiin aja, huh"

eh, mau ngajak beranteem...., sini aku layanin

"ampuun kakaa......."



okeh.... aku akan jawab satu persatu pertanyaan kalian (eh pertanyaanku sendiri sih) melalui sebuah cerita panjang, sebuah perjalanan panjang mengembara selama 2 tahun

pada zaman dahulu........ #ala kartun malaysia ituloh, lupa judulnya
okeh okeh kembali ke cerita
"heh? kembali ke cerita? kakaa aja baru mulai ceritanya"
oh iya ya, maaf maaf pemirsah....

waktu itu, ya aku ingat
saat itu aku masih kuliah D4 di salah satu perguruan tinggi negri di surabaya tepatnya di PENS
dan juga aku kerja sambilan yaitu ngajar pelajaran komputer di salah satu sekolah terkemuka di surabaya, ya ya di SMAN 5 Surabaya, tepatnya sambil ngajar juga jadi kepala lab komputer

aku ingat benar waktu itu aku lagi galau-galaunya
jadi ceritanya nih, seharusnya semester 2 aku ngumpulin judul TA
waktu itu aku masih kerja di stasiun TV lokal JTV Surabaya
karna terlalu padat jadwal kerjanya, akhirnya semester 2 aku gak ngumpulin judul
dan saat itu juga aku keluar dari kerja karna aku gak mau kuliahku jadi berantakan

2 minggu setelah keluar dari JTV,
aku dikenalin temenku ke salah satu guru SMAN 5 namanya bu nur
jadi ceritanya gini, aku punya pacar, pacarku punya temen namanya wulan
wulan itu ngelesi anaknya bu nur, #gak bingung kan?
trus bu nur itu tanya ke wulan barangkali ada temen yang bisa ngajar komputer buat jadi guru di SMAN 5,
nah, karna wulan tau kalo aku jurusan IT, si wulan langsung hubungi pacarku, trus pacarku hubungi aku, begitulah ceritanya aku masuk SMAN 5.

beberapa hari berikutnya aku ditelfon bu nur untuk segera ke sekolah
(mulai sekarang SMAN 5 di ubah menjadi smala, karena males nekan shift)
hahahha
aku ke smala dan langsung dipertemukan ama waka kurikulum, pak damari namanya
beliau nerangin kalo pelajarannya ini itu,trus situasi di lab ama servernya
bla bla bla
trus pak damari bilang, loh guru satunya mana?
"maksudnya pak" tanyaku balik
kan kita nerima 2 guru kata pak damari,
"loh saya gak tahu pak"
next next, aku dikasi jadwal masuk kerja

sehari sebelum mulai kerja di smala, aku disibukkan belanja pakaian
tahu sendiri kan, kalo guru itu harus rapi, pakai kemeja, celana kain, sepatu mengkilap
sedangkan itu berbanding terbalik 180 derajat dengan pekerjaan lamaku yang selalu dilapangan, pake kaos, celana jeans, sepatu sport,
alhasil si pacar ngajak belanja, jadi waktu itu aku beli celana kain, kemeja, sepatu
total harga Rp. 700.000
ya TUJUH RATUS RIBU RUPIAH saudara saudara
dan itupun aku NGUTANG pacar karna aku gak ada uang

jadi kalo ditanya, "kenapa mau jadi seorang guru?"
jawabnya adalah karna
"AKU PENGANGGURAN dan TERHIMPIT UTANG"
aarrggggg.............


3 hari awal kerja bikin silabus RPP, 3hari itu masih hari libur sekolah loh
bukan hari aktif
RPP? silabus?

what the... ini apa lagi, selama ini gak pernah bikin ginian
dan guru komputer yg satu belum dateng
entah kemana

akhirnya hari 4 dimulailah kurikulum baru
dan dihari itu aku seneng banget karna guru yang dijanjikan datang
ya, namanya mbak faha, pas ku tanya kenapa kemarin 3 hari gak datang
jawabannya karna liburan ke jogja
CCAAAAKK!!! UASEEEEM!!
aku bikin silabus rpp sendirian, dianya liburan
HEELLL!!!







yah itulah awal-awal ceritaku dari keluar JTV sampe jadi guru
tapi ada enaknya juga ngajar di sekolah kompleks
alasan pertama karna anak-anaknya uda pinter-pinter, jadi ngajarnya bisa singkat
alasan kedua, hari sabtu-minggu libur hahaha
bisa dibayangi aja, waktu kerja di JTV gak pernah dapet libur
trus jadi guru, hari jumat gak dapet jam ngajar, hari kamis cuma ngajar jam 10 sampe 12 siang, sabtu minggu libur, jadi hari kamis abis dhuhur aku udah free
ya FREE!!!

yeeeay......

"Seneng banget sih kakaa"
iya dong, jangan sewot deh
"ampuun kakaa....."


lanjut cerita dari ngajar aku dapet banyak kenalan
lebih tepatnya follower twitter bertambah

heheheh
waktu itu masih ramenya twitter, kalo sekarang kan ganti path

selain itu dismala aku ketemu pengajar komputer yang dulu antara lain
si haris, si jenius yang jarang masuk, spesialis ngajar anak aksel
si andhika, terkenal dengan kejam, killer, bahkan ada yang nangis karna lab dikunci gara-gara telat masuk
si satria, si super jenius kalo main dota2, kerjaan tiap hari nganterin adiknya si lasta sekolah
pernah ada cerita si lasta telat masuk sekolah, pas ditanya kenapa telat, jawabnya nungguin mas satria makan
semua orang di server ngakak ngakak sambil bilang "gobl*k k*en sat!!"
gara-gara satria juga aku main dota2, tapi gak jago-jago, masih lv 1 soalnya mainnya offline musuh boot biar menang terus hahaha


beberapa bulan selanjutnya ada kisah sedih
si pacar ikutan program SM3T,
"apa itu kakaa"
itu program mendiknas (bener gak sih?) buat ngajar di daerah tertinggal, terluar, terdepan (perbatasan) selama 1 tahun
dan disekolahkan profesi guru 1 tahun berikutnya jadi total 2 tahun
yah, si pacar keterima tuh program dan ditempatkan di NTT
saat itulah kita LDR
sampai saat itu ada istilah "hatiku tertinggal di NTT"

("sampai ketemu 1tahun lagi ya")

gak cuma itu kabar sedihnya, masih berlanjut
tadi kan aku ceritain kalo alasanku keluar dari JTV karna semester 2 aku gagal majuin judul
dan ternyata di semester 3 aku juga gak bisa ngajuin judul, alasannya sih
karna emang gak di buka, dibukanya di semester 4
jadi selama semester 4 itu aku ke kampus cuma buat ngurus ngajuin judul TA
gak ikut kuliah apapun karna emang mata kuliahnya uda selesai semua
mau nyesel itu udah lewat, yang penting jangan terus terusan kayak gini
semangat demi satu kata LULUS

sebenarnya sampai sinilah aku terakhir kali ngepost blog yaitu economy contest
dan mulai fokus untuk menyelesaikan study
akhirnya disemester 4 aku berhasil ngajuin judul, dan semester 5 nyelesain TA
disemester 5 itu agenda paling sibuk, pagi ngajar di sekolah, malem ngelab ama temen temen seperjuangan yang pada telat lulus hahahhaa


alhamdulillah, alhasil aku lulus ama temen-temen seperjuangan
sempet ada kejadian lucu ama orang tuaku
aku : buk, aku lulus
ibu : temen ta? gak bayar lagi buat semseteran
aku : gak lah buk, aku lulus iki, temenan
ibu : temen ta?
aku : leh, gak percoyo anak e lulus
ibu : bekne ae nambah
aku : gak, aku cuma minta uang gae wisuda
ibu : aelah endinge tetep minta uang
aku : aaa... emboh lah, gelem anak e wisuda gak?
ibu : #pergi gitu aja
aku : hheeeeh ape nak endi buk
ibu : nak pasar tuku iwak gae mangan
aku : #krik krik krik

gila, bahkan ibukku aja gak percaya kalo aku lulus


#nangis dipojokan

setelah aku lulus, maka sudah waktunya buatku utuk ninggalin smala
buat nyari kerjaan yang lain
suer banget sih, susah sekali buat ninggalin smala
tapi ya apalagi, sebenarnya bukan karna nyari kerjaan lain sih
cuman waktu itu kurikulum baru yaitu 2015 mulai diberlakukan
dengan menghapus pelajaran komputer dan bahasa asing selain inggris

sampai sini sebenarnya perjuangan baru dimulai
kalo ada mahasiswa yang lulus trus bilang "yeay akhirnya lulus juga"
bro... sebenarnya perjuanganmu barulah dimulai
kamu bukan mahasiswa lagi, dan belum bekerja
jadi kamu itu "PENGANGGURAN"
dan di titik inilah aku
yah aku pengangguran lagi

#nangis dipojokan lagi


di titik inilah puncak titik galau
mulai ngirit uang tabungan buat bertahan hidup
apply kerja dimana-mana
sampai suatu saat mendekati bulan ramadhan
dan aku bilang "STOP"
stop untuk mencari dunia, sudah saatnya mendekati tuhan
kemudian aku pulang kampung dan tanpa sengaja bapak nonton tv tentang pondok pesantren
terbesit dibenakku untuk mondok romadhon, trus bilang bapak aku pengen mondok
alhasil H-1 romadhon aku ama adikku mondok di langitan
btw kalo gak tau tuh pondok, pondok langitan itu ada di tuban, deket pasar babat
lebih jelas tanya mbah google

sampai di pondok, aku daftar, ditanya ama petugasnya
petugasnya pake bahasa jawa krama inggil yang bener bener alus
menurut penelusuranku
 eciee
bahasa jawa itu juga ada jenis macamnya
ada bahasa jawa ngoko, inggil dan apaa gitu, dan katanya krama inggil itupun ada macamnya lagi
ah sudahlah, otakku panas kalo disuruh bicara bahasa jawa alus
pokoknya si santri petugas itu tanya yang intinya
punya temen gak disini buat ditaruh dikamar itu
aku jawab aja pake bahasa indo "gak punya"

setelah dapet kamar, trus kenalan ama santri ini itu
yah tentulah aku santri kilat (romadhon) paling tua hahaa
lainnya paling ya SMA ato kuliahan yang masih mondok disini
sedangkan aku,udah lulus kuliah
cuma karna wajahku itu baby face jadi gak banyak yg tau kalo aku tua #PD
"hueeeek no no no!!! babyface dari mane"

arrgg... resek loh

ciiaatt...... rasakan jurusku.....
"ampuun kakaa....."


inti dari mondok ini, aku bener bener ingin putus dengan dunia
dan mencari obat buat kegalauanku yang udah di titik klimax ini

aku masih teringat dengan 10tahun yang lalu
"hah? 10tahun yg lalu? emang ada apa kakaa?
10 tahun yang lalu, aku dikirim ke pondok ini ama bapakku
jadi ini ke2 kalinya aku mondok disini, ya aku tentunya sudah hapal betul tentang denah pondok ini
dan kegiatan-kegiatannya
kegiatan dipondok ya gak jauh beda dg aktifitas diluar pada bulan ramadhon
ngaji tadarus, sholat dan lain-lain, cuma bedanya intensitasnya aja yg bertambah
dan karna lingkungannya pondok jadi suasananya juga mendukung

aku masih teringat akan kata kiai yang intinya
"kalian itu orang yang mendapatkan bisikan hati, panggilan jiwa, orang yang terpilih untuk bisa mondok disini, tak semua orang bisa kesini, kalian mungkin 1 atau 2 orang dari kampung halaman yang bisa kesini, jadi perbanyaklah bersyukur" tentu saja bahasanya itu sudah ku edit, awalnya ya bahasa jawa alus

heheee

banyak banget pelajaran yang ku dapat dari mondok
aku bersyukur banget, mungkin alasan bagiku untuk tidak kerja dulu
ya mungkin disuruh mondok dulu,
memperbaiki tiang tiang keyakinan yang mau ambruk
mempertebal dinding defense yang mulai melemah

yap, lanjut kecerita berikutnya
btw saat aku nulis ini, sampai paragraf ini, ada temen kerja yang dateng ke kantor
ngasih jajan dan say good bye karna mau pindah kerja
semoga sukses kawan
sukses terus yaa...


nah, sulitnya dari ngeblog itu, kalo uda berhasil bangun mood
nulis bangus, tiba-tiba digangguin itu
MANGKEEEL
jadi susah untuk nerusin ceritanya, bangun mood dari awal lagi
HEELLL!!!


aduh sampai mana tadi aku cerita?
"sampai selesai mondok kakaa"
oh iya, makasi uda diingetin
"sip kakaa"


keluar dari pondok, seperti membuka lembaran baru dalam hidup
udah gak galau lagi tentang dunia ini
serahin aja ama yang diatas, yang penting kita tetep berusaha

next, aku balik lagi ke surabaya, sambil membawa uang sisa tabungan
apply cv terus buat cari kerja
beberapa kali tes dan gak diterima
sabaaar.....

sampai suatu saat dibuka lowongan IT Support di dinas pemkot surabaya
aku apply tuh, trus tes tulis dan praktek
dan hasilnya... jeng.. jeng....
DITOLAK
hahahahaaa
gagal maning gagal maning



H-1 idul adha,tepat tanggal 4 oktober dimana itu hari ulang tahunku, hari paling spesial ada telfon dari dinkominfo surabaya nawarin jadi instruktur
jadi masa antara idul fitri sampe idul adha itu aku belom dapet kerja
berikut percakapan kami
penelpon : halo, dg saudara ainur
aku : iya, saya sendiri
penelpon : sudah dapet kerja?
aku : belom (mbatin, ngenyeeek pool)
penelpon : mau gak jadi kerja jadi instruktur di BLC
aku : instruktur?
penelpon : iya lebih jelasnya tanggal 6 kita tunggu di kantor pemkot jam 10
aku : iya pak

tanggal 6 oktober, aku ke pemkot,
sebelum ke pemkot aku mampir dulu ke smala soalnya jaraknya deket, masuk server buat browsing tentang blc, suer belum ada persiapan sama sekali,
waktu itu ada satria, aku tanya deh ke satria tentang blc, alhamdulillahnya si satria tahu blc
soalnya budhenya ikutan di blc, jadi kata satria, di blc itu ngajar desain kayak gitu lah,
pasti ketrimalah, awakmu loh jago desain kata satria

saat di pemkot, sebenarnya ada 6 orang yang dipanggil tapi cuma 3 anak yang dateng
aku, kidi ama riki, kita ini udah saling kenal, kenalnya saat tes IT Support kemarin
mungkin 3 anak yang gak dateng itu karna masih liburan
soalnya dadakan banget kan manggilnya H+1 idul adha
disitu kita dites praktek ngajar

lah konyolnya itu, yang ngetes itu temenku sekelas waktu kuliah
mas jo (koordinator blc) : dulu kuliah dimana
aku : di pens
mas jo : angkatan berapa?
aku : sekelas ama afif (nunjuk ketemnku)
mas jo : oalah sak kelas, pantes afif meneng ae
afif : #nunduk diem

sebenarnya suer aku gak bagus banget saat tes ngajar itu
soalnya aku kebiasaan ngajar anak smala yang pinter pinter
sedangkan saat tes aku disuruh ngajar kalo pesertanya gak bisa apa-apa
tapi mungkin aku tertolong ama tes wawancara
jadi saat ditanya "pernah kerja dimana aja?"
aku jawab aja, pernah ngajar di smala 2 tahun
sempet kaget yang nanya (waktu itu yang nanya pak cahyo ama bu ani)
dan tanya balik "kok keluar?"
ya aku jawab aja karna kebijakan kurikulum 2015 yang meniadakan mapel komputer

alhasil ketiga-tiganya diterima kerja
alhamdulillah, mungkin dari sini aku dapet pelajaran
"tak pernah ada yang sia-sia dari masa lalu"
meski cuma jadi guru ternyata itu mengantarkan aku sampai titik ini
dan mungkin kerjaan ini hadiah ultahku dari tuhan


hari berikutnya, aku udah kerja di BLC
ketemu dengan temen-temen baru
"BLC itu apa sih kakaa?"
oh iya ya belum aku jelasin BLC itu apaan
"makanya, dijelasin dulu dong kakaa"
iya iya,cereweet

jadi BLC itu singkatan dari Broadband Learning Center
tempat untuk belajar komputer mulai dari dasar buat warga surabaya
bahkan ada pesertaku yang mengartikan BLC itu BeLajar Computer
hahaa

BLC itu program unggulannya bu risma
tahukan bu risma itu siapa?
"tahuuu... walikota surabaya"
yap betuul.....
"aku gak dikasi hadiah kakaa?"
enggak
"peliiiit"
biariiin.....
#pura-pura gak denger


sampai detik ini aku kerja di BLC
alasan kenapa aku gak update blog
tau sendiri kan, aku mengembara selama 2 tahun lebih
mulai fokus selesain TA, sibuk nyari kerja, ngegalaaauuuu , masuk ke pondok
sampai aku lupa kalo aku punya blog

dan alasan kenapa aku ngaktifin blog ini lagi
hem.... #menghela nafas panjang
sebenarnya sejak dulu ingin ku aktifin
tapi puncaknya saat aku liat blog temen
bagus banget, selalu update, temanya beli
jadi aku tambah semangat untuk ngaktifin blog ini


"ooo... gitu alasannya"
iya,emang kenapa
"gak, gak kenapa kenapa"
aarrgg.........



oh iya, kedepannya,
blog ini gak hanya berisikan curhatanku aja
tapi mungkin aku isi tutorial tutorial
atau masalah dan cara mengatasinya yang aku dapetin waktu kerja

mungkin kedepannya juga bakal ku beliin tema yang bagus
biar aku semangat updatenya
nunggu gaji bulan depan
heheee....


akhir dari perjalanan panjangku ini
ada satu pelajaran yang ingin ku share ke temen-temen
"BERSYUKUR"

yup, syukuri apa yang ada, hidup adalah anugrah
#nyanyi demasiv


huuufff... akhirnya selese juga cerita panjangnya
capek ngetiknya
semoga ini menjawab semua pertanyaan para fans fans yang berbahagia
hahaha.....

"yeeey blognya update lagi kakaa"

yeey juga


jangan lupa pantau terus ya blog ini
"siap kakaa."


oh iya, aku akhir akhir ini lagi sibuk belajar vector, doodle ama vexel nih
mungkin ada para fans yang mau berbagi pengetahuan
bisa tulis lewat komen kok


udah dulu ya.........
mau nyari makan nih ..............
"aku ditraktir kan kakaa...."
iyaa ayo berangkat
"yeeey, kakaa baik deh"

"let's go"

"dadaaaaah......"





Comments

Caknia said…
Salam kenal mas. Cerita tentang perjuangannya bikin terharu, hiks...

Popular posts from this blog

my SIM is Advanture

Biarkan CINTA ITU TERUS DIAM